Sabtu, 30 Juli 2011

Perjalanan Boston-New York-D.C.

Ketika berangkat menuju USA untuk seminar ilmiah di Boston - USA, saya sudah berniat hanya konsentrasi di wilayah Boston dengan alasan saya ingin mencari dokumen, buku yang berkaitan dengan program S3 atau doktoral yang saya tempuh. Menurut saya, di Universitas Harvard dan sekitarnya memang surga buku. Namun dua hari pertama, peta pencarian data itu sudah terekam jelas sehingga saya jadi penasaran karena teman-teman dari berbagai negara sudah merencanakan akan pergi ke New York dan Washington D.C. (Di USA lebih familiar kita menyebutnya dengan DC saja).
Alhasil ego advonturir saya lebih dominan dan mengalahkan soal data...saya bergegas mencari tau perjalanan antara Boston-New York-DC setelah seminar ilmiah selesai. Saya memutuskan naik bus malam dengan tujuan menikmati wilayah perjalanan antara Boston ke New York ke DC dan sebaliknya.
Saya masih punya waktu 3 hari penuh yang tersisa namun sudah banyak rencana yang saya buat untuk dua hari di Boston berkaitan dengan pencarian dokumen sehingga saya hanya punya waktu 2 malam dan 1 hari saja untuk berkelana antara Boston-New York dan DC.
Jam 8 malam waktu setempat saya sudah di stasiun bus Boston,dan tujuan tidak langsung DC tapi New York, saya ingin melihat suasana malam di New York dan jam 1 malam saya sudah di New York dan saya melanjutkan perjalanan ke DC yang sudah saya capai jam 5 pagi waktu setempat.
Saya merasa menjadi Backpacker (Semua barang saya tinggal di Hotel di Boston karena tiket kembali saya juga di Boston)saya lansung ke White House, Beberapa Art Museum di DC dan siang saya sudah kembali jam 1 an saya kembali saya ke New York, sebenarnya ada niat untuk bermalam di New York saja tapi kok saya nggak begitu suka dengan suasana New York (saya malah suka melihat wilayah antara Boston-New York and DC seperti New Jersey)sehingga saya tetap ingin kembali ke Boston dan tengah malam juga saya sudah kembali ke hotel saya di Boston.
Bus yang saya tumpangi cukup nyaman dengan harga tiket sekitar US $ 35 sehingga PP sekitar US $ 140. Kalau kita lapar, maka bus ini akan berhenti di satu tempat untuk makan dan minum dan saya merasa nyaman ketika berada di bus tersebut baik pulang atau pergi.
Saya tidak bisa merasakan seluruhnya bagaimana alam di USA ini karena USA seperti Negara Indonesia sebagai benua yang besar dan terhubung menjadi satu daratan berbeda dengan Indonesia yang menjadi sebuah negara kepulauan terdiri atas pulau besar dan kecil. Sayapun hanya mengunjungi wilayah yang hanya menjadi bagian kecil wilayah USA yang besar dan dalam waktu yang singkat.
Setiap beberapa negara bagian wilayah USA menjadi satu kesatuan wilayah yang secara geografis memiliki ciri yang sama sehingga perbedaan budaya dan secara geografis tidak terlalu tajam perbedaannya seperti wilayah Indonesia.
Bagaimanapun jiwa petualang saya tetap ada dan itu saya rasakan bagaimana inginnya saya melakukan perjalanan ini.