Selasa, 26 Januari 2010

Kain Tradisional dalam Pergelaran Rias dan Busana Pengantin Daerah 2010


Pergelaran rias dan busana Pengantin Daerah Indonesia 2010 kali ini berlangsung di Museum Bank Mandiri yang terletak di depan stasiun Kota, Jakarta. Pergelaran ini menampilkan 56 Gaya Pengantin dari seluruh daerah Indonesia mulai dari Nangroe Aceh Darussalam sampai Papua. Indonesia kaya akan budaya termasuk cara berbusana. Pergelaran ini hanyalah bagian multi kultural yang ada di negeri yang cantik ini.

Kisah mengenai budaya akan menampilkan Indonesia dalam keragaman kultural termasuk kain tradisional yang digunakan dalam busana rias pengantin. Banyak jenis kain digunakan oleh pengantin mulai dari kain tenun, songket, kain prada atau batik terlihat dari busana rias pengantinnya belum lagi desain busana mulai dari kebaya, baju kurung, atau kemben yang terbuat dari bahan batik, songket, kain prada ataupun bahan yang memiliki fayet, manik yang beraneka jenis. Misalnya kemben yang digunakan dalam Pengantin Palembang yang terbuat dari kain songket berbeda kemben yang digunakan dalam Pengantin Yogyakarta yaitu berupa kain batik.

Songket Indonesia bukan hanya dari Palembang tetapi juga dari berbagai daerah lainnya yang akan menghasilkan keragaman tersendiri mulai dari motif, warna sehingga menjadkan keragaman dan kekayaan bagi Bangsa Indonesia. Hal inilah yang membuat kita harus sadar akan warisan kekayaan budaya yang akan kita jaga bersama.....


Tidak ada komentar: